Extra Time (11/12/19) : Hasil Pertandingan, Inter Tersingkir, Napoli Pecat Ancelotti, Gol Villa Terbaik Liga Jepang

HASIL PERTANDINGAN

Dari hasil matchday ke-enam Liga Champions, Liverpool sukses permalukan tuan rumah RB Salzburg 2-0. Naby Keita membuka keunggulan The Reds di menit 57 setelah memanfaatkan umpan Sadio Mane. Satu menit kemudian, Mohamed Salah memperlebar jarak lewat gol cantiknya dari sudut sempit. Kemenangan ini membawa Liverpool keluar sebagai juara grup E dengan total 13 poin. Di laga lainnya di Grup E, Napoli berhasil mendampingi Liverpool setelah menang 4-0 atas wakil Belgia, Genk.

Beralih ke Grup F, Inter Milan yang wajib meraih poin penuh kontra Barcelona harus tertunduk malu. Bermain di stadion Giuseppe Meaza, anak asuh Antonio Conte kalah 1-2 dari klub katalan. Dua gol Barca pada laga ini diciptakan oleh Carles Perez di menit 23 dan Ansu Fati pada menit ke 87. Sementara gol Nerrazuri dicetak oleh Romelu Lukaku pada menit ke-44. Kekalahan dari Barca ini membuat Inter gagal melaju ke fase 16 besar. Karena di laga lain, Borrusia Dortmund menang 2-1 atas Slavia Praha. Hasil ini membuat Barca berada di puncak grup dengan 14 poin, diikuti Dortmund dengan 10 poin, dan Inter Milan di posisi ketiga dengan 7 poin.

Di Grup G, Benfica sukses meraih kemenangan atas tamunya, Zenit St Petersburg 3-0. Franco Cervi membuka skor di menit 47, sepuluh menit kemudian, eksekusi penalti Pizzi menambah keunggulan Benfica. Pada menit ke-79, striker Zenit Sardar Azmoun melakukan gol bunuh diri yang membuat Benfica menang 3-0. Di partai lainnya, Olympique Lyon bermain imbang 2-2 melawan RB Leipzig. Setelah melewati laga terakhir fase grup, RB Leipzig keluar sebagai juara grup, diikuti oleh Olympique Lyon di posisi kedua. Sementara, meski menang Benfica gagal melaju ke fase 16 setelah hanya menempati urutan ketiga dengan 7 poin.

Di Inggris, tuan rumah Chelsea sukses melibas Lille 2-1 pada fase grup H. Memanfaatkan assist Willian, Tammy Abraham membuka skor untuk Chelsea di menit 19. Berselang lima belas menit kemudian, Cesar Azpilicueta mencatatkan namanya di papan skor usai menanduk bola hasil kiriman dari sepak pojok. Di menit ke-78, Loic Remy kemudian berhasil memperkecil kedudukan untuk Lyon. Di partai lain, tuan rumah Ajax harus menyerah dari Valencia dengan skor 1-0. Hasil ini sukses menempatkan Valencia di pos teratas dengan nilai 11 poin, diikuti Chelsea dengan poin yang sama namun kalah produktivitas gol. Sementara itu, kekalahan dari Valencia membuat Ajax terlempar ke ajang Liga Eropa.

Di Arena Sea Games, timnas Indonesia gagal raih medali emas usai takluk 0-3 dari Vietnam. Pada laga final yang berlangsung di Rizal Memorial, Indonesia harus kehilangan Evan Dimas yang cedera usai dilanggar Doan Van Hau di menit 19. Tim Garuda kemudian kebobolan pada menit ke 39 melalui sundulan Van Hau. The Golden Stars kemudian menambahkan keunggulan menit 59 lewat sepakan sang kapten, Do Hung Dung. Doan Van Hau kembali jadi momok Indonesia usai cetak gol keduanya di menit 73. Di perebutan medali perunggu, Myanmar sukses atas Kamboja lewat drama adu penalti dengan skor 5-4 setelah dalam waktu normal bermain imbang 2-2.

NAPOLI RESMI PECAT CARLO ANCELOTTI

Napoli resmi memecat sang pelatih Carlo Ancelotti. Pemecatan tersebut dilakukan usai I Partenopei menggasak Genk 4-0 di matchday keenam Liga Champions. Ancelotti dipecat setelah mengadakan pertemuan dengan presiden Napoli. Aurelio de Laurentiis, di salah satu hotel yang ada di Kota Naples. Pemecatan tersebut dilatarbelakangi oleh serangkaian hasil buruk Napoli yang terjadi kancah kompetisi domestik.

GATTUSO SEGERA DISIAPKAN JADI PELATIH NAPOLI

Dikutip dari Football Italia, dalam beberapa jam kemudian, Gennaro Gattuso akan ditunjuk sebagai pelatih Napoli usai manajemen memecat Carlo Ancelotti. Keputusan Napoli untuk menunjuk Gattuso setidaknya sudah menjadi berita hangat dalam sepekan terakhir. Menurut laporan, Gattuso telah menyetujui kontrak hingga 2021. Dia akan mendapatkan 1,5 juta euro untuk enam bulan ke depan dan 3 juta euro per musim setelah itu.

CETAK GOL KE GAWANG INTER, ANSU FATI CETAK SEJARAH

Bintang muda Barcelona, Ansu Fati berhasil mengukir prestasi gemilang. Fati telah menjadi pemain termuda yang mencetak gol di Liga Champions. Fati berusia 17 tahun 40 hari saat membobol gawang Inter Milan di Giuseppe Meaza. Laga itu sendiri dimenangkan El Barca dengan skor 2-1. Pencetak gol termuda Liga Champions sebelumnya adalah pemain Olimpiakos, Peter Ofori Quaye yang mencetak gol ke gawang Inter di usia 17 tahun 195 hari pada 1 oktober 1997.

SALZBURG KALAH, ERLING HAALAND MARAH BESAR

Dituntut untuk meraih kemenangan, RB Salzburg justru terjegal oleh Liverpool di kandang sendiri. Hal itulah mungkin yang membuat Erling Haaland marah. Haaland nampak kesal setelah Liverpool mencetak gol keduanya lewat kaki Mohamed Salah. Ia meminta sebotol air minuman, bukannya untuk diminum, Haaland malah membanting botol tersebut ke tanah. Reaksinya ini kemudian menjadi viral di media sosial. Dalam laga itu sendiri, Haaland tidak berkutik karena mendapat pengawalan ketat dari pemain The Reds.

KAPTEN LYON, MEMPHIS DEPAY BENTROK DENGAN PENDUKUNGNYA SENDIRI

Kapten Lyon, Memphis Depay geram dengan aksi pendukung timnya. Di akhir laga vs RB Leipzig, seorang fans masuk ke lapangan sembari membawa spanduk yang meminta pemain belakang Marcelo pergi dari klub. Depay kemudian mendatangi fans itu dan mengambil spanduknya. Saat pemain Lyon lainnya, termasuk Anthony Lopez, mengelilingi pendukung itu, sejumlah fans Lyon lainnya masuk ke lapangan. Sebagai informasi, Hubungan Marcelo dengan pendukung Lyon memang memburuk setelah terlibat insiden di bandara Lisbon setelah Lyon kalah dari Benfica, Oktober lalu.

KIPER GENK CATATKAN REKOR GEMILANG

Sebuah rekor tercipta di partai Liga Champions matchday keenam Grup E. Kiper Genk, Maarten Vandevoordt tercatat sebagai kiper termuda pada ajang prestis antarklub Eropa tersebut. Marteen turun saat timnya dikalahkan Napoli. Usianya baru menginjak 17 tahun 9 bulan 10 hari pada laga itu. Kiper asal Belgia melangkahi rekor kiper termuda sebelumnya yang bermain di Benfica, Mile Svilar. Svilar yang senegara dengan Marteen mencatatkan rekor termuda di usia 18 tahun 1 bulan 21 hari pada Oktober 2017 ketika melawan Manchester United.

JADWAL COPPA ITALIA DITENTUKAN

Tanggal dan waktu kick off Coppa Italia putaran 16 besar telah ditentukan, termasuk Inter vs Cagliari pada 14 januari dan Fiorentina kontra Atalanta pada 15 januari 2020. Jadwal pertandingan babak 16 besar tersebut telah dikonfirmasi pada selasa kemarin. Di babak ini hanya menggunakan satu kali pertandingan, artinya tidak ada pertandingan leg kedua. Partai pembuka mempertemukan antara Torino vs Genoa pada 9 januari. Pertandingan lainnya terjadi seminggu kemudian, mulai dari Selasa 14 januari hingga Rabu 15 januari dan Parma-Roma pada Kamis 16 Januari.

DRONE TIDAK TERKONTROL MASUK KE CAMP NOU SAAT LAGA VS MALLORCA

Dilaporkan oleh Marca, sebuah Drone tidak terkontrol masuk ke camp Nou saat laga vs Real Mallorca akhir pekan lalu. Drone tersebut terbang tanpa kendali hingga seorang anggota staf keamanan menanganinya. Dalam pertandingan itu, Barca sukses mengalahkan Mallorca dengan skor 5-2. Masih dari sumber yang sama, dua klub raksasa, Barcelona dan Real Madrid berusaha mencegah kehadiran pesawat tanpa awak di stadion mereka. Madrid memiliki langkah-langkah untuk mencegah drone muncul baik di Santiago Bernabeu maupun di tempat latihan mereka.

GOL DAVID VILLA DINOBATKAN SEBAGAI YANG TERBAIK DI LIGA JEPANG

Dikabarkan Eurosport, Gol David Villa melawan Nagoya Grampus dianugerahi gol terbaik Liga Jepang musim ini. David Villa membantu kemenangan timnya, Vissel Kobe meraih kemenangan 5-3 atas Nagoya Grampus pada 30 juni 2019. Dalam laga itu, Villa memborong dua gol. Salah satunya lewat titik putih di menit 80. Dan gol pertamanya yang terjadi dimenit 27 dinobatkan sebagai gol terbaik Liga Jepang musim 2019. Gol itu bermula dari aksi gocekannya di dalam kotak penalti, setelah melewati satu pemain, Villa lalu melepaskan tendangan plesing ke tiang jauh gawang Nagoya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *