5 Prestasi Lionel Messi Yang Masuk Buku Rekor Dunia

Sejak pertama kali merumput sebagai seorang profesional, nama Lionel Messi sudah menjadi sorotan. Ia banyak memecahkan rekor dan torehkan berbagai prestasi spesial.

Saking banyak nya rekor yang dipecahkan, buku rekor dunia, Guinness World Records sampai harus mencatatnya. Berikut adalah lima rekor Lionel Messi yang masuk buku rekor dunia.

5. Peraih Sepatu Emas Terbanyak

Lionel Messi sukses sumbangkan banyak trofi untuk FC Barcelona. Tak hanya itu, Messi juga telah kumpulkan sejumlah trofi individu, salah satunya adalah sepatu emas.

Musim lalu sendiri, Messi berhasil meraih sepatu emas keenamnya. Ia tercatat sumbangkan 34 gol dari 36 pertandingan. Total Messi catatkan sebanyak 51 gol di semua kompetisi.

Torehan tersebut menjadi yang keenam baginya dan menjadi yang terbanyak di dunia.

4. Pemain Pertama Yang Mencetak Lebih Dari Satu Hattrick Dalam Satu Musim Liga Champions

Messi dan Ronaldo merupakan pemain dengan hattrick terbanyak di kompetisi Liga Champions Eropa. Namun sejak tahun 1992, tidak ada satupun pemain yang mampu torehkan lebih dari satu hattrick dalam satu musim Liga Champions.

Messi, dalam hal ini, pada tahun 2012 berhasil catatkan hattrick keduanya dalam kompetisi elit tersebut. Messi catatkan hattrick ke gawang Victoria Plzen pada November 2011 dan Bayer Leverkusen pada Maret 2012.

Messi juga tercatat sebagai pemain pertama yang catatkan lima gol dalam pertandingan Liga Champions, yang juga ia torehkan dilaga melawan Bayer Leverkusen.

Setelah Messi, ada nama Mario Gomez yang catatkan dua hattrick dalam satu musim kompetisi. Selanjutnya, ada nama Luiz Adriano pada musim 2014/15 dan Ronaldo di musim 2015/16 yang juga catatkan prestasi yang sama.

3. Pemain Termuda Yang Yang Mencetak 50 Gol Di Liga Champions

Meski Barcelona gagal memenangkan Liga Champions Eropa dalam lima musim terakhir, Messi tetap menjadi mesin gol La Blaugrana. Rasio gol nya mencapai 0,81 % per pertandingan, atau dengan kata lain Messi selalu mencetak gol dalam 111 menit sekali.

Karena memiliki rataan gol yang amat luar biasa, Messi berhasil catatkan 50 gol di liga Champions pada usia 24 tahun 9 bulan 10 hari.

2. Gol Terbanyak Yang Dicetak Dalam Satu Musim Di Divisi Teratas Sepakbola Spanyol

Messi catatkan enam gelar Pichichi di kompetisi La Liga. Messi berhasil mencetak gol dalam dua digit angka di 13 musim La Liga, dimana sebelas musim diantaranya ia mencetak lebih dari 20 gol.

Pada musim 2010/11 hingga 2012/13, Messi total mencetak 127 gol. Angka yang sama sekali tidak bisa dianggap remeh.

Hebatnya lagi, Messi berhasil pecahkan rekor 40 gol Ronaldo dalam satu musim. Pada musim 2011/12, pemain asal Argentina sukses lesatkan sebanyak 50 gol ke gawang lawan. Saat itu, Ronaldo hanya mampu cetak 46 gol dalam 38 pertandingan.

1. Gol Terbanyak Dalam Satu Tahun Kalender

Pada tahun 2012, Messi sukses pecahkan rekor yang amat luar biasa. Tercatat, Messi sukses torehkan 91 gol dan mengalahkan Gerd Muller yang catatkan 85 gol dalam satu tahun.

Rinciannya, Messi berhasil cetak 13 gol dalam 12 pertandingan Liga Champions, 5 gol dalam 8 pertandingan Copa del Rey, dua gol dalam dua laga Supercopa, dan 59 gol dalam 38 penampilan La Liga. Sementara sisanya ia cetak di level Internasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *