Pesepakbola Terkenal Yang Akrab Dengan Kegiatan Amal

Pemain Arsenal, Mesut Ozil, menjadi pemain dengan bayaran termahal di Arsenal, yaitu 350 ribu pounds atau sekitar 6,4 miliar rupiah per pekan. Dengan pendapatan sedemikian banyak, Ozil memiliki niat mulia. Ia siap merogoh koceknya untuk mengoperasi 1000 anak.

Keinginan tersebut dibeberkan agennya, Dr Erkut Sogut. Sang agen mengatakan kalau Ozil memiliki misi untuk memberikan bantuan operasi kepada 1000 anak yang membutuhkan di seluruh dunia.

Selain itu, Ozil juga mendonasikan uangnya kepada 100 ribu orang tunawisma di 16 kamp pengungsian Turki dan Suriah. Ergut mengatakan, Ozil menghabiskan banyak uang untuk mewujudkan misi kebaikannya dengan penuh semangat.

Pada tahun 2014, saat Ozil membawa Jerman juara Piala Dunia, dia juga menyumbangkan uang hadiah 240 ribu pounds untuk mendanai operasi 23 anak yang sakit di Brasil.

Selain Ozil, beberapa pemain ini juga gemar melakukan kegiatan amal.

1. Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo dikenal sebagai pemain terbaik dunia. Ia sudah banyak mengumpulkan prestasi diatas lapangan hijau. Selain hebat dalam mengolah bola, Ronaldo juga memiliki hati mulia. Pemain asal Portugal tercatat sudah melakukan banyak sekali kegiatan amal.

Di ibukota Lebanon, Beirut, penggemar Real Madrid, Haidar Mustafa, menjadi yatim setelah kedua orang tuanya dibunuh oleh seorang pembom bunuh diri. Seorang reporter lokal kemudian menghubungi Ronaldo dan akhirnya mengundang bocah itu ke Madrid.

Dalam sebuah rekaman video, Ronaldo memeluk Haidar dengan suasana mengharukan. Bocah tersebut menangis gembira karena bertemu pahlawannya.

Lalu pada tahun 2009, Ronaldo diberitahu tentang kisah Nuhuzet Guillen, bocah berusia sembilan tahun penderita kanker.

Setelah mendengar kisahnya, ia memutuskan untuk mengirim supirr untuk membawa keluarga Nuhuzet ke hotel tempat Real Madrid menginap. Setelah keluar dari lift, Ronaldo bercanda dengan bocah tersebut.

Ia mendedikasikan gol untuk Nuhuzet, yang diundangnya untuk menonton pertandingan Real Madrid di Santiago Bernabeu. Ronaldo kemudian memberikan jersey setelah pertandingan. Ronaldo juga membayar biaya pengobatan Nuhuzet selama lebih dari setahun, sampai bocah itu meninggal pada Maret 2013.

2. Samuel Eto’o

Berikutnya ada Samuel Eto’o. Eto’o telah mencapai segalanya dalam sepakbola. Ia telah memenangkan semua trofi yang tersedia baginya selain Piala Dunia. Selain berjaya di lapangan, mantan bintang Chelsea ini juga dikenal sebagai pria yang sangat dermawan.

Legenda Kamerun itu telah melakukan banyak hal di seluruh benua terutama ketika menyangkut kesejahteraan dan kesehatan anak-anak. Penyerang legendaris itu adalah bagian dari kampanye “FIFA 11 for Health” yang menangani epidemi Ebola yang mematikan di Afrika Barat.

Lalu, Eto’o juga mendirikan yayasan amal, Fundacion Privada Samuel Eto’o, di mana kegiatannya berupa pemberian beasiswa, bantuan medis, dan juga peralatan pendidikan kepada masyarakat di berbagai benua.

3. Mo Salah

Mo Salah, tidak diragukan lagi, memiliki hati yang begitu mulia. Sejak kedatangannya ke Liverpool, ia telah menurunkan angka penyerangan terhadap kaum Muslim di Inggris. Salah dianggap sebagai pemain yang telah mempersatukan banyak perbedaan melalui sepak bola.

Selain hal istimewa tersebut, Salah juga dikenal sebagai pria yang sangat dermawan. Ia pernah membebaskan pria yang coba merampok rumahnya. Ketika diminta untuk melaporkan pria tersebut, Salah justru memilih untuk mencarikan pria itu sebuah pekerjaan.

Lalu, Salah telah membantu membangun rumah sakit dan sekolah di kota kecilnya bernama Nagrig. Ia telah menyumbangkan dana senilai 30 ribu euro atau setara 504 juta rupiah untuk mengurus keluarga miskin pemain bola yang sudah pensiun.

Yang tak kalah mengagumkan, Salah menyumbangkan piala dan peralatan olahraga untuk membantu tim sepak bola lokal.

4. Didier Drogba

Drogba menjadi pemain Afrika selanjutnya yang memiliki hati yang begitu mulia. Ia pernah menghentikan perang saudara melalui sepak bola. Saat itu, Drogba yang berhasil membawa Pantai Gading lolos ke Piala Dunia 2006 berpidato di depan kamera. Ia meminta orang-orang yang terus melakukan kekerasan untuk berhenti. Hasilnya pun positif. Pantai Gading kembali aman berkat tindakan luar biasa Drogba.

Kemudian, melalui Yayasan Didier Drogba, mantan penyerang Chelsea itu membangun lima rumah sakit khusus ibu dan anak di seluruh Pantai Gading. Kabarnya Drogba menyumbangkan total 57 miliar untuk misi mulianya tersebut.

5. Lionel Messi

Bintang Barcelona ini adalah duta dari Unicef. Leo turut aktif dalam beberapa kegiatan amal termasuk jangkauan bantuan di Asia yang meliputi beberapa negara seperti Nepal, Balngladesh dan Indonesia.

Bahkan saat hari pernikahannya, Lionel Messi meminta kepada tamu yang hadir untuk memberikan sumbangan ke yayasannya dibandingkan dengan memberikannya hadiah. Sang striker juga telah melakukan banyak kegiatan amal di negara asalnya, Argentina.

Lewat yayasannya, Messi terlibat aktif dalam pembangunan rumah kanker di RS Sant Joan de Deu. Selain bergerak dalam perawatan medis, yayasan ini juga membuat kampanye melawan kekerasan, intimidasi dan penyakit di seluruh dunia. Yayasan ini telah melaksanakan proyek amal di lebih dari 15 negara berbeda.

6. David Beckham

Mantan pemain Internasional Inggris, David Beckham, juga gemar melakukan aksi sosial. Pada tahun 2014 lalu, Beckham terlibat aksi mempromosikan sepak bola anak-anak di Cina. Beckham telah bekerja sama dengan organisasi China Sooong Ching Ling Foundation untuk meningkatkan sepak bola anak-anak di Cina.

Dalam kesempatan tersebut, Becks bahkan membuat sebuah penampilan untuk stasiun TV Cina dengan memamerkan kemampuan mengolah bola di atas panggung meskipun memakai jas dan sepatu.

Sebelumnya, pada kunjungan ke Cina, Becks dan istri Victoria telah menyumbangkan sebuah mobil Jaguar dan enam kaos sepak bola untuk lelang amal yayasan tersebut.

Saat berlibur di Sumba, bersama sebuah yayasan amal lokal, mereka lakukan kegiatan sosial bersama anak-anak Sumba. Saat itu, Beckham memiliki tujuan mengurangi kemiskinan di Sumba dengan menyediakan akses memadai ke sumber air minum, memberantas malaria, kesehatan, pendidikan serta menumbuhkan ekonomi di sana.

Tak hanya itu, Beckham dan keluarganya juga ikut mengajarkan Bahasa Inggris kepada anak-anak.

7. Frederic Kanoute

Siapa yang masih ingat dengan Frederic Kanoute? Eks pemain Sevilla ini, selain dikenal garang di depan gawang, ia juga merupakan pemain dengan hati yang sangat mulia.

Pada tahun 2013 lalu, Kanoute secara sukarela membantu seorang pria Muslim Inggris yang cacat dengan menanggung kebutuhan ekstranya, demi memastikan pria tersebut dapat menjalankan ibadah puasa sepenuhnya.

Dana untuk membantu Adam dikucurkan lewat yayasan pesepak bola tersebut, Kanoute Foundation.

Sebelumnya, atau pada tahun 2007, Kanoute juga menyelamatkan satu-satunya masjid di Seville, selatan Spanyol dari penggusuran. Kanoute mengeluarkan sekitar 700 ribu dolar agar komunitas Muslim di Seville dapat mempertahankan masjid tersebut. Tanpa itu mereka saat ini kemungkinan tak lagi memiliki masjid. Sementara di Mali, Kanoute mendirikan yayasan untuk membantu anak yatim.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *